Saturday, July 12, 2014

8/7/2012

Sakit Kepala di saat Hamil


Kehamilan bagi para wanita adalah suatu proses yg membuat hidupnya berbeda.Dari berbagai tanda, gejala dan perubahan fisik yg dialami hingga psikis yg mungkin menjadi sedikit berubah seperti tiba-tiba menginginkan sesuatu yg tidak biasanya(mengidam),mudah marah,tersinggung emosi dan sebagainya. Begitu pun dengan sakit kepala/migrain. Sakit kepala dan Migrain kerap kali dialami oleh banyak wanita selama kehamilannya.

Penyebab sakit kepala/Migrain pada saat hamil sesungguhnya belum diketahui dg pasti. Namun migrain mungkin disebabkan adanya gangguan di persarafan,aliran pembuluh darah dan proses kimiawi saraf yg mengalami perubahan disaat kehamilan. Para ilmuwan meyakini perubahan hormonal (hormon esterogen) akibat kehamilanlah yg sangat mempengaruhi terjadinya migrain/sakit kepala. Begitu pula dg hormon serotonin.

Namun perubahan hormon ini bukanlah satu-satunya pencetus sakit kepala. Pada umumnya kombinasi dari beberapa pencetus sakit kepala menjadi penyebabnya. Misalnya stres, telat makan, kurang tidur dsb.

Beberapa migrain berlangsung bisa sampai berjam-jam,namun ada yg lebih lama lagi hingga 1-2 hari. Olehkarenanya perlu membuat catatan harian ttg migrain/sakit kepala yg anda alami agar bs mendapatkan pola sakit kepala dan bagaimana cara mengatasinya.

Pada wanita hamil,sakit kepala juga merupakan salah satu tanda penyakit preeklamsia, yg merupakan penyakit yg hanya terjadi akibat kehamilan. Gejalanya berupa tekanan darah tinggi,bengkak seluruh tubuh dan adanya protein dalam air seni. Awam menyebutnya keracunan kehamilan. Sakit kepala adalah gejala yg terjadi akibat penumpukan cairan dalam otak dan peninggian tekanan darah. Perlu dilakukan pemeriksaan rutin selama kehamilan minimal 4 kali selama kehamilan. Tujuannya untuk mendeteksi kelainan yg bisa terjadi pada saat kehamilan dan menjaga agar ibu dan bayi tetap sehat.

Dokter akan memeriksakan rutin gejal yg timbul selama masa kehamilan dan bagaimana perkembangan kehamilan dan janin dalam kandungan. Beritahukan segala sesuatu yg anda alami dan konsumsi selama kehamilan,misalnya obat-obatan dsb. Dengan berkonsultasi secara rutin,maka komplikasi yg mungkin terjadi bisa dicegah/dideteksi sedini mungkin.

Anda juga bisa berpartisipasi untuk menjaga kesehatan anda selama kehamilan. Kenali makanan-makanan yg bs mencetuskan sakit kepala/migrain. Pola hidup sehat juga perlu dijalankan dg baik terutama selama kehamilan seperti makan minum teratur dan bergizi, istirahat cukup, ikut senam hamil, dsb. Jika sakit kepala sedang melanda,jangan sembarang minum obat,konsultasikan dulu ke dokter. Anda bs meredakan sakit sementara waktu dengan kompres dingin pada area yg sakit, atau pijat dan beristirahat di ruangan yg gelap dan tenang. Minum obat sembarangan bisa berakibat buruk pada janin dan kehamilan anda.

Obat yg paling sering diresepkan dokter pada saat sakit kepala dalam kehamilan adalah golongan asetaminofen,namun bukan berarti aman sepenuhnya untuk janin. Minum obat tetap perlu sesuai anjuran dan konsultasi dokter.

Jika anda juga mengamai mual,dokter mungkin akan meresepkan anti mual untuk anda yg diminum dg pengawasan aturan yg dianjurkan. Begitu pula dengan obat-obat multivitamin,herbal dll yg perlu dimonitor ketat dalam pengawasan dokter selama anda hamil.

Home   |   Sakit Kepala   |   Migrain   |   Hidup Sehat   |   Forum Diskusi   |   Survey
Copyright 2011 by Komunitas Bebas Sakit Kepala.